Khasiat Tanaman Herbal Sambiloto

Sambiloto (Andrographis paniculata), yaitu semacam tanaman herba dari famili Acanthaceae, yang datang dari India serta Sri Lanka. Sambiloto dapat juga didapati di daerah yang lain, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan sebagian tempat di benua Amerika.
Khasiat Tanaman Herbal Sambiloto



Genus Andrographis mempunyai 28 spesies herba, tetapi cuma sedikit yang bermanfaat medis, salah nya ialah Andrographis paniculata (sambiloto). Daun sambiloto banyak terkandung senyawa Andrographolide, yang disebut senyawa lakton diterpenoid bisiklik.

Senyawa kimia yang rasanya pahit ini pertama kalinya diisolasi oleh Gorter pada tahun1911. Andrographolide mempunyai karakter melindungi hati (hepatoprotektif), serta dapat dibuktikan dapat melindungi hati dari dampak negatif galaktosamin serta parasetamol. Manfaat ini terkait erat dengan kegiatan enzim-enzim metabolik spesifik.

Sambiloto sudah lama di kenal mempunyai manfaat medis. Ayurveda yaitu satu diantara system penyembuhan India kuno yang mencantumkan sambiloto sebagai herba medis, di mana sambiloto dimaksud dengan nama Kalmegh pada Ayurveda.

Disamping bermanfaat membuat perlindungan hati, sambiloto dapat juga menekan perkembangan sel kanker. Hal semacam ini dikarenakan senyawa aktifnya, yaitu Andrographolide, menurunkan ekspresi enzim CDK4 (cyclin dependent kinase 4).
cincin berlian
 
baju pria

Blog Archive